"Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600.000,-, disetorkan langsung ke Bank Menggunakan Kode Billing PNBP NR, Zona Integritas KUA, tolak Gratifikasi dan Korupsi, Laporkan jika terbukti! #WEBSITE INI MASIH DALAM PERBAIKAN”

Breaking

Keutamaan Sahur Untuk Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan

Keutamaan Sahur Untuk Orang Berpuasa di Bulan Ramadhan


keutamaan sahur Untuk Orang Yang Berpuasa di Bulan Ramadhan


Keutamaan Sahur untuk orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan, adalah Salah satu amalan sunnah, yang artinya jika dikerjakan akan mendapatkan pahala jika tidak mengerjakan tidak mendapat pahala. Disebut sahur karena dilakukan di waktu sahar, yaitu waktu menjelang shubuh. Menurut Anas bin Malik r.a, Rasulullah SAW pernah bersabda : “Lakukan sahur, karena di dalam sahur tedapat keberkahan” (Hadist, riwayat Bukhari nomor 1923 dan Muslim nomor 1095).

Hadist tersebut menjadi dasar dianjurkannya melakukan sahur buat orang yang berpuasa. Sebabnya adalah karena di dalam sahur ada keberkahan sesuai dengan hadist berikut; “Sahur itu seluruhnya membawa keberkahan. Oleh karena itu , janganlah kalian tinggalkan, meskipun kalian hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdoa) untuk orang-orang yang melakukan sahur” (Hadist riwayat Ahmad).
Adapun keutamaan-keutamaan sahur, Rasulullah SAW telah menjelaskannya dalam beberapa hadist di bawah ini:

1. Dalam sahur terdapat barakah, Sesungguhnya barakah dalam sahur dapat diperoleh dari beberapa segi, yaitu :
  • Mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW
  • Menambah kemampuan untuk beribadah
  • Menambah semangat
  • Mencegah akhlak yang buruk yang timbul karena pengaruh lapar
  • Menjumpai niat puasa bagi orang yang lupa niat puasa sebelum tidur
2. Pujian Allah Ta’ala dan doa para malaikat terhadap orang-orang yang sahur
3. Menyelisihi puasa ahli kitab

Al-Imam Sarafuddin Ath-Thibi r.a: “Sahur adalah pembeda antara puasa kita dengan puasa Ahli Kitab, karena Allah ta’ala telah membolehkan kita sesuatu yang Allah Ta’ala haramkan bagi mereka, dan penyelisihan kita terhadap ahli kitab dalam masalah ini merupakan nikmat (dari Allah Ta’ala) yang harus disyukuri.” (Syarhuth-Thiibi,5/1584)
Waktu Sahur yang utama adalah mengakhirkannya yaitu mendekati terbit fajar. Waktu sahur juga meruoakan waktu untuk niat berpuasa bagi orang yang lupa niat puasa sebelum tidur. Adapun niat puasa itu adalah : “Saya niat berpuasa untuk besok di dalam Bulan Ramadhan dalam tahun ini karena Allah Ta’ala”. Sungguh banyak sekali hikmah dari melaksanakan sahur ini. Semoga puasa kita dilancarkan oleh-Nya.

2 comments:

Powered by Blogger.