"Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600.000,-, disetorkan langsung ke Bank Menggunakan Kode Billing PNBP NR, Zona Integritas KUA, tolak Gratifikasi dan Korupsi, Laporkan jika terbukti! #WEBSITE INI MASIH DALAM PERBAIKAN”

Breaking

Workshop Operator SIMKAH 2015 Se-Kepri "Menuju SIMKAH ONLINE" 2016

Workshop Operator SIMKAH 2015 Se-Kepri"Menuju SIMKAH ONLINE" 2016


Kuakarimun. Bertempat di Aula Gedung Praktek SMKN 2 Tanjung Pinang Jalan Pramuka No. 1, dilaksanakan kegiatan Workshop Operator SIMKAH Se-Provinsi Kepri Tahun 2015 selama dua hari dari Rabu s.d Kamis, 02 s.d 03 September 2015. Panitia pelaksana Drs. H. Muhammad Syafii menyampaikan peserta worskop ini berjumlah 30 orang terdiri dari Batam 2 orang, Tanjung Pinang 5 Orang, Bintan 8 Orang, Karimun 7 Orang, Lingga 5 Orang, Natuna 1 Orang dan Anambas 2 Orang dengan mengambil Tema “Melalui kegiatan Workshop Operator SIMKAH 2015, Kita sukseskan SIMKAH Online Se - Provinsi Kepri Tahun 2015
Dalam kesempatan tersebut dibuka secara resmi oleh Drs. H. Erman Zaruddin Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri yang sekaligus sebagai Narasumber. Kabid Bimas Islam mengharapkan semua KUA Se-Provinsi Kepri sudah siap menggunakan simkah dan printer passbook untuk mencetak buku nikah. sekaligus masing-masing KUA sudah mempunyai blog ataupun website untuk menampilkan, informasi , data-data KUA maupun data-data pernikahan. Dengan begitu pelayanan KUA di setiap Kabupaten yang berada di Kepri akan menjadi lebih baik. Serta perlunya Kepala KUA mendorong upaya-upaya peningkatan kualitas layanan publik di KUA, khususnya terkait dengan pencatatan administrasi nikah.  yang menjadi kendala selama ini pada alat-alat simkah serta tenaga operator yang belum menguasai penuh seluk beluk simkah tersebut.

Tidak ada tawar menawar, tahun 2016 urusan SIMKAH harus sudah selesai, dan online secara keseluruhan " Target pada tahun 2016, seluruh KUA telah menggunakan SIMKAH, sehingga layanan administrasi nikah dapat dikelola dengan mudah, cepat, transparan, dan akuntabel", tegas Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri.

Dalam kesempatan ini juga Panitia menghadirkan Narasumber H. Hamizar, S.Sos, M.Sy yang di tunjuk Sebagai Operator SIMKAH Kepulauan Riau. H. Hamizar, S.Sos, M.Sy juga menyampaikan Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan SDM KUA yang handal di bidang tekhnologi informasi Khususnya SIMKAH. Pelatihan ini sebagai langkah lanjutan KUA menuju "100% Simkah KUA Online". Mulai 2016 tidak ada lagi Kantor KUA di setiap kecamatan di Kepri beralasan Aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan dan diharapkan agar Berkas Nikah termasuk NB,NC,Akta Nikah dan Buku Nikah menggunakan Sistem print tidak ada lagi membatik/menulis manual. Hal pertama yang menjadi penekanan adalah penyelesaian target penggunaan SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) di seluruh KUA, yaitu pada tahun 2016 seluruh KUA harus menggunakan SIMKAH dan Online.

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Kepri H. Muhammad Syafii pada jam 14.00 wib. (fitra)

No comments:

Powered by Blogger.