"Nikah di KUA GRATIS, di luar KUA membayar Rp 600.000,-, disetorkan langsung ke Bank Menggunakan Kode Billing PNBP NR, Zona Integritas KUA, tolak Gratifikasi dan Korupsi, Laporkan jika terbukti! #WEBSITE INI MASIH DALAM PERBAIKAN”

Breaking

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar 16 Juli 2015, Idul Fitri Bisa Serentak

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar 16 Juli 2015, Idul Fitri Bisa Serentak
Sidang isbat penentuan 1 Syawal akan digelar pada Kamis, 16 Juli 2015. Disampaikan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Idul Fitri tahun ini bisa saja dirayakan pada hari yang berbeda, tetapi mungkin pula berlangsung serentak. Sebelumnya Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat, 17 Juli.
Melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah bernomor 01/MLM/I.0/E/2015, organisasi muslim tersebut sudah merilis kalender 1436  Hirjiyah. Tidak hanya memastikan Idul fitri jatuh pada hari Jumat Pahing 17 Juli 2015, tetapi juga menentukan bahwa Idul Adha jatuh pada Rabu Kliwon, 23 September 2015. Kepuusan ini mengacu ppada hisab hakiki wujudul hilal oleh Majelis Tarijh dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Pemerintah sendiri belum menetapkan kapan 1 Syawal 1436 H. Menag, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, “Terkait dengan penetapan kapan 1 Syawal, pemerintah akan mengadakan sidang isbat dengan mengundang tokoh agama dan ahli astronomi tanggal 16 Juli 2015.”
Menag menambahkan pihaknya akan mengelola sekian perukyat untuk menyaksikan hilal (sabit bulan baru yang menandai masuknya bulan baru) di titik-titik tertentu di Indonesia. Penentuan 1 Syawal akan merujuk pada kesakian para perukyat tersebut. Menag menegaskan, ada kemungkinan Idul Fitri dirayakan secara serentak, dan ada kemungkinan pula tidak.
“Dari sisi kemungkinan beda itu ada. Tapi untuk disamakan juga besar peluangnya. Kami berharap semua satu pandangan menentukan hilal itu terlihat seperti apa (sehingga 1 Syawal dirayakan bersamaan). Tapi kalau perbedaan itu tidak bisa disamakan, kita harus berjiwa besar untuk menghargai itu,” kata Menag dikutip Kompas.

No comments:

Powered by Blogger.